Laga Belanda vs Argentina pada Perempat Final Piala Dunia 2022 harus dilanjutkan babak extra time setelah skor 2 2 menghiasi jalannya 90 menit. Berlangsung di Stadion Ikonik Lusail, Wout Weghorst memborong dua gol Belanda untuk menyamakan kedudukan 2 2. Sebelum dua gol Wout Weghorst, Belanda tertinggal 0 2 lewat lesakan Nahuel Molina dan penalti Lionel Messi.

Argentina langsung bermain menyerang sejak wasit memulai pertandingan Perempat Final Piala Dunia 2022. Serangan pertama Argentina datang dari pergerakan Marcos Acuna yang coba mengirimkan umpan ke pertahanan Belanda. Usaha Acuna harus gagal di kaki pemain bertahan Belanda yang datang untuk mengantisipasinya.

Memasuki menit kelima, Belanda gantian menguasi bola dan bersiap melakukan serangan. Belanda memperagakan umpan jauh untuk merepotkan pertahanan Argentina yang dikawal Lisandro Martinez dkk. Seperti usaha Virgil van Dijk yang mengirimkan umpan ke arah depan untuk Cody Gakpo.

Jual beli serangan terus terlihat hingga memasuki menit 12. Sejauh ini kedua negara baik Belanda maupun Argentina masih kesulitan menembus pertahanan masing masing. Hal ini juga selaras dengan belum adanya tembakan ke gawang saat laga telah berusia 20 menit.

Tembakan pertama baru tercatat pada menit melalui Lionel Messi dari batas kotak penalti. Messi melepaskan tembakan langsung yang masih melenceng jauh dari mistar gawang Andries Noppert. Belanda sendiri masih minim peluang hingga laga memasuki menit 30.

Argentina justru mendapat peluang tembakan keduanya melalui Rodrigo de Paul menit 33. Bola tembakan Rodrigo itu masih bisa digagalkan Noppert yang berhasil menghalau datangnya bola. Serangan Argentina akhirnya berbuah gol pembuka pada menit 35.

Berawal umpan Lionel Messi dari luar kotak penalti, bola itu mengarah akurat ke pergerakan Nahuel Molina yang merangsek masuk ke pertahanan. Molina lantas memenangkan duel dari Noppert untuk memasukan bola ke gawang Belanda. Gol Molina nyatanya menjadi yang terakhir pada babak pertama. Skor 0 1 untuk keunggulan Argentina atas Belanda pun tidak berubah.

Selepas turun minum, Louis van Gaal selaku pelatih Belanda memutuskan untuk menarik 3 pemainnya. Di antaranya, Steven Bergwijn, Marten de Roon dan Daley Blind. Mereka keluar digantikan oleh Steven Berghuis, Teun Koopmeiners dan Luuk de Jong. Masuknya 3 tenaga baru ini belum bisa membantu Belanda untuk mengejar ketertinggalannya.

Belanda justru dihukum tendangan penalti setelah pelanggaran Denzel Dumfries kepada salah satu penalti pemain Argentina. Kesempatan penalti ini tidak disia siakan Lionel Messi untuk menggandakan keunggulan Argentina menjadi 2 0. Tertinggal 2 gol, Belanda mulai bermain lebih terbuka karena berharap bisa memperkecil kedudukan.

Belanda akhirnya mendapatkan gol yang ditunggunya pada menit 83 melalui Wout Weghorst yang masuk dari bangku cadangan. Weghorst masuk menit 78 dan 5 menit kemudian berhasil memperkecil kedudukan menjadi 1 2. Drama laga ini kembali terjadi pada injury time menit 90+10, Belanda dihadiahi tendangan bebas.

Koopmeiners memilih umpan pendek dan berhasil dijangkau Weghorst untuk mencetak gol penyama. Gol Weghorst memkasa laga imbang 2 2 dan berlanjut ke babak tambahan waktu 2×15 menit

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *